7 Tahapan Membangun Bisnis Online 1



Jumpa lagi… Baik teman… melanjutkan tulisan yang kemaren 7 Tahapan Membangun Bisnis Online sekarang kita mulai membahas satu persatu tahapan yang ada.

1. SETTING POLA PIKIR PEBISNIS ONLINE SUKSES
        Setting Pola pikir lebih sering disebut orang dengan ‘Mindset’. Ia nya menjadi pijakan buat kita untuk bergerak melakukan sesuatu. Biasanya orang bergerak melakukan sesuatu setelah menerima informasi dari luar. Celakanya dalam bisnis online, belum tentu semua informasi yg masuk itu benar. Jika info tsb salah, maka otomatis setting pola pikir kita akan terbentuk dgn pola yg salah. Lalu kita akan menjalankan bisnis online dg cara yg salah pula.  Sejak awal perlu ditekankan pada diri sendiri bahwa keberhasilan pada awalnya tergantung pada pola pikir kita. Pola pikir yg baik dan benar menghasilkan tindakan yg baik dan benar pula. Jika ada orang yg berhasil di bisnis online, maka lihatlah pola pikirnya. Dari mana kita tahu pola pikir orang yg berhasil? Lihatlah tindakannya..!!!  Orang-orang yg berhasil bertindak dengan penuh semangat dan kerja yg terprogram. Bukannya tidak ada cobaan yg mereka hadapi, malahan cobaan itu sedemikian berat sampai bisa meneteskan air mata sendiri. Namun karena di kepalanya sudah ditanamkan (disetting) dg pola pikir yg optimis, maka cobaan yg datang dianggap sebagai penguat iman dan penambah kapasitas diri. Semakin besar cobaan yg datang, semakin besar kapasitasnya berkembang. Orang berhasil menyadari bahwa cobaan kesulitan hanyalah bekal yg telah dipersiapkan oleh-NYA agar dia tumbuh menjadi ‘Orang Besar’!
Orang yg sudah tersetting dg pola pikir yg salah sejak dulu, maka tindakan
yg dilakukannya mengikuti pola yg salah. Contohnya ada diantara kita yg
merasa tidak punya kelebihan apa-apa, merasa miskin dari sananya, selalu
merasa susah, merasa hutang tidak pernah lunas-lunas, merasa gaptek, dan
lain sebagainya. Jika pola pikir itu terus dipelihara, maka selamanya
kehidupan kita akan susah, tidak ada solusi. Keberhasilan yg diidamkan tidak pernah terwujud.
Kenapa bisa demikian? Itulah dahsyatnya pola pikir yg kita bentuk..!
Kalo mau dipelajari, sebenarnya otak kita mengikuti apa yg kita gambarkan
dikepala. Kalo gambaran settingan di otak kita adalah hal-hal yg susah, tidak punya kelebihan apa-apa, merasa miskin selamanya, pasrah pada keadaan, merasa gaptek terus, saya tidak mungkin bisa seperti dia, saya orang kecil, dsb, maka wujud kehidupan kita akan persis seperti gambar di settingan otak kita.
Oh ya, ada sebuah ungkapan klasik yg menyatakan :
“Hidupmu sesuai dengan yg kamu pikirkan’’.  Si jenius Einstein pun mengatakan : “imajinasi lebih penting daripada pengetahuan”.  Imajinasi itu adalah gambaran kehidupan yg kita inginkan. Meskipun kita tahu bahwa hidup bahagia dan kaya itu menyenangkan, namun kita jarang meng-imajinasikan gambaran tsb di dalam settingan pola pikir. Yang kita setting adalah gambaran susah saja, sehingga pantas hidup ini akan selalu susah.
“Aku sesuai prasangka hamba-Ku, jika ia berprasangka baik, maka baiklah
yg ia dapat. Jika ia berprasangka buruk, maka buruklah yg ia dapat”.
“Sesungguhnya Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang sampai dia
sendiri berusaha untuk merubahnya”.
Bahkan diri kita selama ini tidak tahu bagaimana cara otak bekerja utk mendukung keberhasilan kita. Kita tidak pernah memanfaatkan naluri ‘hati
nurani’ yg merupakan petunjuk lurus dari Tuhan. Gabungan hati nurani dan
kekuatan pikiran (otak) akan menjadi kekuatan dahsyat untuk mendongkrak
keberhasilan kita.
Pernahkah Anda mendengar orang sukses mengatakan bahwa keberhasilan
dan kebahagian itu sebenarnya sudah ada potensinya dalam diri kita?  Jika kita tidak yakin dg ungkapan itu, berarti kita tidak percaya pada Tuhan yg telah membekali diri manusia dg berbagai kelebihan. Jangan pernah sanksi akan kebesaran Tuhan yg bisa menunjukkan kita menuju jalan keberhasilan.  Dan jalan tsb telah dititipkan Tuhan pada gabungan hati nurani kita dan settingan pola pikir.
Penjelmaan sebagian sifat Tuhan dititipkan pada roh atau hati nurani kita. Kadang orang menyebut hati nurani itu sebagai naluri. Jika hati kita bersih,
maka naluri kita akan bekerja dengan bantuan petunjuk Tuhan. Jika hati kita
kotor, maka naluri kita akan jauh dari petunjuk Tuhan.
Dapatkah Anda bayangkan apa yg tidak mungkin bagi Tuhan? Apa yg tidak
mungkin bagi-NYA jika dia mau menolong keberhasilan Anda? Tidak ada yg
tidak mungkin bagi Tuhan. Nothing is imposible for our God..!
Coba sekali-kali Anda Tanya pada orang yg berhasil ; Apa resep utama mereka bisa sampai berhasil dan bahagia? Jawabnya pasti ada pada kekuatan hati dan setting pada otak mereka. Kekuatan hati bisa diraba melalui ‘perasaan’ dan setting pada otak bisa diakses melalui ‘kekuatan berpikir’.

Oke Teman…… sementara 7 Tahapan Membangun Bisnis Online 1 sampai disini dulu ya… bisa dilanjut pada tulisan berikutnya 7 Tahapan Membangun Bisnis Online 1A disini.